Aug
16

Fakta Unik Tentang Tenun Indonesia


posted in Artikel, artikel109
No comments yet

Masih malu dan ragu untuk memakai busana berbahan tenun di keseharianmu ?

Yuk member KainKiloan, simak fakta-fakta unik dan menarik mengenai tenun Indonesia:

Dari 33 Provinsi yang terdapat di Indonesia, ada 29 Provinsi memiliki kerajinan tenun khas masing-masing dengan keunikan yang berbeda. Keunikan tenun Indonesia meliputi makna, filosofi, nilai sejarah, teknik menenun, motif, dan warna. Terdapat ratusan jenis tenun yang biasanya melambangkan keunikan daerah penghasilnya. Masing-masing memiliki karakter sebagai pencerminan jati diri bangsa yang plural, pokoknya Indonesia “banget” yaitu Bhineka Tunggal Ika.

Indonesia mengusulkan ke UNESCO agar menjadikan tenun sebagai warisan budaya Indonesia. Tanpa itupun, tenun tetaplah budaya Indonesia yang harus kita jaga dan lestarikan. Yuk kita bangga mengenakan pakaian berbahan tenun Indonesia.

Pandangan orang terhadap kain tenun yang kesannya berat dan identik dengan acara adat. Tenun bisa diaplikasikan sebagai fashion yang bisa dipakai kapan saja dan di acara apapun, baik saat santai maupun formal.

Beberapa daerah penghasil tenun, jaman dulu mewajibkan perempuan harus pandai menenun sebelum mereka menikah. Hal ini dikarenakan menenun adalah pekerjaan utama perempuan di samping mengurusi rumah tangganya. Hasil tenenun bisa dijadikan pakaian dan bisa juga dijual. Dengan cara tersebut, kerajinan menenun tak cepat punah karena selalu ada generasi yang melanjutkannya. Melihat kenyataan, hanya segelintir orang yang bisa menenun dan itupun sudah berusia lanjut.

Jaman dahulu, tenun bisa melambangkan derajat atau golongan masyarakat. Semakin banyak tenun yang dimiliki dan semakin banyak varian motifnya, maka semakin kaya orang tersebut. Seorang bisa dikatakan kaya dan terhormat jika memiliki banyak tenun. Itulah yang terjadi di jaman dulu. Karena begitu lama prosesnya dan mahalnya harga tenun, sehingga tak setiap orang bisa memilikinya, maka hanya orang-oarng tertentu saja.

Terdapat sekumpulan perempuan Indonesia pencinta, pemerhati, dan pakar tenun berikrar bersama membentuk perkumpulan bernama Cita Tenun Indonesia (CTA). CTA telah meraih penghargaan Fashion 4 Development (F4D) Woman’s Champion Award 2012 atas kesuksesan Program Pemberdayaan Masyarakat Pengrajin Tenun di New York pada 25 September 2012. Bagi Sahabat Fitinline yang juga pecinta tenun, boleh gabung lho.

Desainer dari mancanegara pun sangat berminat pada tenun Indonesia. Desainer Laura Miles dari Inggris pernah menggunakan tenun untuk rancangannya. Bahkan, dua merek internasional yakni Gucci dan Christian Dior baru-baru ini tertarik untuk menggunakan tenun Indonesia dalam varian produknya. Ini membuktikan bahwa tenun Indonesia memang unik dan menarik serta tak kalah dengan tenun dari negara lain.

Menarik juga ya fakta tentang tenun tersebut. Tambah cinta nih sama kain tradisional Indonesia. Sahabat Fitinline jangan malu dan ragu lagi ya memilih kain tenun sebagai salah satu koleksi busana yang menawan.



Post Your Comment
Your Name
Your E-mail

Comment