Aug
16

cara kerja mesin jahit


by kainkiloan.com
posted in artikel108
No comments yet

Mesin jahit merupakan salah satu alat yang penting dalam dunia konveksi, Mesin jahit sendiri juga telah berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Banyak merk dan varian mesin jahit yang sudah ditemukan, contohnya saja mesin jahit juki. Mesin jahit ini penemunya adalah Sir Isaac Merrit Singer dari inggris dan Elias Howe dari amerika, ditemukan pada tahun 1850. Singer adalah sebagai pencipta mekanisme gerakan mesin mulai dari pedal sampai mekanisme turun naik jarum, sementara Howe pencipta mekanisme penjahitnya.

Mesin jahit berdasarkan operasioalnya dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu: Mesin jahit mekanik yang operasinlanya masih manual, Mesin jahit computer dan mesin jahit listrik.

Tetapi dalam hal segi karakter dan fungsinya, mesin jahit dibedakan menjadi beberapa tipe dan varian yaiut: Mesin jahit jarum 1 atau single needle, mesin jahit jarum 2 atau double needle, mesin obras atau overlock, mesin pasang kancing, mesin lubang kancing dan yang terakhir mesin zigzag dan semua mesin tadi saling berkesinambungan untuk membuat sebuah busana.

Berikut ini adalah sebuah cara penjahitan kain dengan menggunakan dua benang dari arah yang berlawanan. Benang yang pertama yang terkait di jarum berlubang dan untuk benang kedua yang digulung dalam sekoci.

- Yang selanjutnya jarum akan membawa benang 1 turun menembus kain hingga mencapai posisi terjauh.
- Kemudian pada saat jarum di posisi terjauh dengan itu benang 1 ditinggalkan dibawah.
- Pada saat jarum kembali naik, beang 1 yang ditinggalkan tadi akan membentuk sebuah lengkungan.
- Kemudian lengkungan yang terbentuk oleh benang 1 tadi selanjutnya dibawa oleh sebuah pengait yang ada di luar rumah dari sekoci.
- Pengait yang tadi akan membawa benang 1 mengitari rumah sekoc i sehingga pada benang 2 yang ada di dalam sekoci dapat ikut masuk dalam lengkungan tadi.
- Selanjutnya pada saat lengkungan benang 1 berthasil membawa benang 2 gerakan jarum akan kembali turun untuk menembus kain. Dengan ini akan mengakibatkan sisa lengkungan menjadi tertarik sehingga terjadi sebuah ikatan dan sekaligus mengencangkan jahitannya.
- Dibawah kain juga terdapat sebuah gigi-gigi yang mirip dngan sebuah papan gilasan cucuian. Gigi-gigi ini berfungsi untuk menggeser kain menjadi maju dank e depan sehingga menjadikan jarum terus berada beberapa mili meter disebelah belakang tusukan jarum sebelumnya.
Dalam penciptaan mesin jahit ini, hal yang paling mengagumkan dari mesin ini adalah ketepatan dari komponen-komponen didalam mesin jahit. Sehingga dapat bergerak dan membuat sebuah mekanisme penjahitan dengan cepat dan rapi. Ini semua tidak mengherankan karena proses sejarah penciptaannya sendiri banyak melibatkan para penemu perintis. Dimulai dengan penemuan jam, sekoci, Tuan penggerak dan lain sebagainya,

Jadi siapkah anda menggunakan mesin jahit???



Post Your Comment
Your Name
Your E-mail

Comment